IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 11 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author M A S O D I, M A S O D I
dc.date.accessioned 2024-10-30T02:08:52Z
dc.date.available 2024-10-30T02:08:52Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5385
dc.description.abstract Masodi, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 11 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 1445H/2024M Penelitian ini bertujuan: satu, untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 11 Pontianak. Dua, untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 11 Pontianak Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan informan adalah guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi, penyajian data dan penarikan simpulan. Teknik pemeriksa keabsehan data dengan menggunakan: perpanjangan pengamatan, pengamatan yang tekun, triangulasi, dan member check Hasil penelitian 1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar adalah menyiapkan dokumen, buku, modul, capaian pembalajaran, perangkat ajar, pedoman asesmen penilaian, penyelenggaraan pembelajaran, melaksanakan asesmen, refleksi, dan pembelajaran berbasis projek. 2) kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 11 Pontianak dari guru itu sendiri, ada sebagian guru yang kurang memahami dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar karena masih baru diterapkan, juga kurangnya pembiayaan karena untuk mencetak modul perlu adanya pembiayaan yang besar, juga sarana dan prasarana kurang memadai untuk proses pembelajaran en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 11 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account