PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PjBL DI TIGA SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA PONTIANAK : PENDEKATAN STUDI KASUS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.author NINGTIAS, RIZKA WAHYU
dc.date.accessioned 2024-10-29T08:15:58Z
dc.date.available 2024-10-29T08:15:58Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5381
dc.description.abstract RIZKA WAHYU NINGTIAS, Pembelajaran materi Sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS menggunakan model PjBL di tiga Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak : Pendekatan Studi Kasus Penelitan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Pembelajaran materi Sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS menggunakan model PjBL di tiga Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak 2) Analisis Pembelajaran materi Sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS menggunakan model PjBL di tiga Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak 3) Analisis banding Pembelajaran materi Sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS menggunakan model PjBL di tiga Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak 4) Pattern matching Pembelajaran materi Sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS menggunakan model PjBL di tiga Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi literatur, Studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru IPAS Kelas VB SDN 14 Pontianak Kota, guru IPAS Kelas VB SDN 09 Pontianak Utara dan guru IPAS Kelas VB SDN 35 Pontianak Selatan. Alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan model pembelajaran project-based learning dalam mata pelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Pontianak Kota, Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara yang dilakukan oleh guru kelas VB dalam materi “Sistem Pencernaan dan Pernapasan Pada manusia” di laksanakan susuai dengan didasarkan pada lima langkah pembelajaran PjBL: 1) Pelaksanaan Model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 14 Pontianak Kota, SD Negeri 09 Pontianak Utara dan SD Negeri 35 Pontianak Selatan. 2) Perbandingan Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning pada mata Pelajaran IPAS kelas V di SDN 14 Pontianak Kota, SDN 09 Pontianak Utara dan SDN 35 Pontianak Selatan.Perbandingan Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning oleh tiga Guru IPAS kelas lima. 3) Persamaan Pelaksaan Model Pembelajaran Project Based Learning pada mata Pelajaran IPAS kelas V di SDN 14 Pontianak Kota, SDN 09 Pontianak Utara dan SDN 35 Pontianak Selatan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.title PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PjBL DI TIGA SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA PONTIANAK : PENDEKATAN STUDI KASUS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account