dc.description.abstract |
NOVIA FITRIANI, Penggunaan media pembelajaran komik untuk meningkatkan pemahaman pada peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 di SDN 05 Pontianak Timur. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan media pembelajaran komik dalam meningkatkan pemahaman pada peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 di SDN 05 Pontianak Timur Pelajaran 2023/2024, (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran komik dalam pembelajaran tema 8 subtema 1 kelas V SDN 05 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pemahaman setelah penggunaan media pembelajaran komik dalam meningkatkan pemahaman pada peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 di SDN 05 Pontianak Timur Pelajaran 2023/2024, (4) Untuk mendeskripsikan Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pemahaman antara sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran komik dalam meningkatkan pemahaman pada peserta didik kelas V tema 8 subtema 1.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V d SDN 05 Pontianak Timur yang berjumlah 28 peserta didik. variabel x ialah media pembelajaran komik dan variabel y ialah pemahaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan (1) Bahwa sebelum penggunaan media komik, hanya 32,1% peserta didik yang mencapai KKM Mapel, sementara 67,9% peserta didik belum mencapai KKM Mapel. (2) Penggunaan media komik terdapat perbedaan antara penggunaan dan yang tidak menggunakan media komik menunjukkan penggunaan media komik dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan secara signifikan. (3) Setelah penggunaan media komik, terdapat peningkatan signifikan, di mana 85,7% peserta didik mencapai KKM dan hanya 14,3% peserta didik yang belum mencapai KKM.(4) Hasil belajar peserta didik pemahaman tema 8 subtema 1 sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik dalam meningkatkan pemahaman terjadi peningkatan pada kondisi awal terdapat 32,1% atau 9 peserta didik yang tuntas, sedangkan ketika siklus 1 menjadi 46,4% atau 13 peserta didik yang mencapai ketuntasan dan pada siklus II terjadi peningkatan 85,7% atau 24 peserta didik mencapai ketuntasan KKM. |
en_US |