PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS V MIN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author HANDAYANI, ERNI SRI
dc.date.accessioned 2024-10-29T08:03:28Z
dc.date.available 2024-10-29T08:03:28Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5377
dc.description.abstract Erni Sri Handayani. Pengaruh Penerapan Alat Peraga Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas V MIN 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik di kelas kontrol yang menerapkan metode demonstrasi di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen yang menerapkan alat peraga melalui metode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Pengaruh penerapan alat peraga melalui metode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah terhadap hasil belajar kognitif kelas V di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain None-quivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VC sebanyak 41 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebanyak 41 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pretest dan posttest), lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol yang menerapkan metode demonstrasi, pada pre-test nilai rata-rata sebesar 65,61 dan post-test nilai rata-rata sebesar 73,66. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan alat peraga melalui metode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah, Pada pre-test nilai rata-rata sebesar 61,95 dan post-test nilai rata-rata sebesar 86,83. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji U Mann Whitney diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat pengaruh penerapan alat peraga melalui metode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah kelas V di MIN 2 Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Demonstrasi en_US
dc.subject Alat Peraga en_US
dc.subject Kognitif en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS V MIN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account