PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DINEGERIKU PELAJARAN PKN KELAS IV MIS RAUDHATUL ULUM 1 MERANTI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author TAMAMI, TAMAMI
dc.date.accessioned 2024-10-29T07:59:04Z
dc.date.available 2024-10-29T07:59:04Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5376
dc.description.abstract TAMAMI 11713011, Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Pelajaran PKN Kelas IV MIS Raudhatul Ulum 1 Meranti. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di MIS Raudhatul Ulum 1 Meranti. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV MIS Raudhatul Ulum 1 Meranti; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKN yang diajarkan melalui Model Problem Based Learning dan konvesional pada tema keragaman di negeriku materi keragaman suku bangsa kelas IV MIS Radhatul Ulum 1 Meranti; (3) signifikansi pengaruh mengetahui model pembelajaran problem based learning terhadap hasil peserta didik; dan (4) seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Raudhatul Ulum 1 Meranti tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 42 peserta didik dalam 2 kelas. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi,. Sedangkan instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV MIS Raudhatul Ulum 1 Meranti, terlaksana dengan maksimal sesuai hasi observasi yang menunjukan peserta didik aktif dalam proses pemecah masalah yang disajikan diawal proses pembelajaran;(2) Hasil belajar Peserta Didik pada pembelajaran PKN yang diajarkan melalui model problem Based Learning pada saat pretest memperoleh rata-rata 69,43 dan saat posttest memperoleh rata-rata 75,05 Sedangkan, hasil belajar Peserta Didik pada pembelajaran PKN yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada saat pretest memperoleh rata-rata 66,80, postes memperoleh rata 74,8;(3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PBL terhadap hasil belajar peserta didik;dan(4) Besarnya pengaruh penerapan Model PBL adalah sebesar 5.619 yang dilihat dari kenaikan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan indahnya keragam di negeri ku en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DINEGERIKU PELAJARAN PKN KELAS IV MIS RAUDHATUL ULUM 1 MERANTI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account