PENGGUNAAN STRATEGI COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 02 NANGA MAN KABUPATEN MELAWI TAHUN AJARAN 2023 / 2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Rahayu, Artika
dc.date.accessioned 2024-10-28T05:49:48Z
dc.date.available 2024-10-28T05:49:48Z
dc.date.issued 2024-09-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5372
dc.description.abstract ARTIKA RAHAYU, Penggunaan Strategi Course Review Horay untuk Meningkatkn Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD 02 Nanga Man Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode Course Review Horey (CRH). 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode Course Review Horey (CRH). 3) Langkah-langkah penggunaan metode Course Review Horey (CRH). 4) Peningkatan hasl belajar peserta didik mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Course Review Horey (CRH) di kelas V SD 02 Nanga Man Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD 02 Nanga Man yang berjumlah 20 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdapat 4 langkah PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dengan menggunakan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi dengan alatnya berupa lembar butir soal, lembar observasi dan list dokumen serta kamera hp. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode Course Review Horey (CRH) dengan nilai rata-rata kelas 64 (6 peserta didik tuntas dan 14 peserta didik tidak tuntas). 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode Course Review Horey (CRH) dengan nilai rata-rata kelas 79 (18 peseta didik tuntas dan 2 peserta didik tidak tuntas). 3) Langkah-langkah penggunaan metode Course Review Horey (CRH) dengan berdasarkan RPP yang telah disusun dalam penelitian ini. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Course Review Horey (CRH) di kelas V SD 02 Nanga Man Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2023/2024 dari siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 30% yaitu menjadi 90% peserta didik yang memiliki nilai tuntas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Course Review Horay en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPS en_US
dc.title PENGGUNAAN STRATEGI COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 02 NANGA MAN KABUPATEN MELAWI TAHUN AJARAN 2023 / 2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account