PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA KELAS IV SD NEGERI 10 TEMBANG KACANG SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author SARI, PUTRI PARAMITA
dc.date.accessioned 2024-10-28T02:16:33Z
dc.date.available 2024-10-28T02:16:33Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5370
dc.description.abstract PUTRI PARAMITA SARI, Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita kelas IV di SDN 10 Tembang Kacang Sungai Raya tahun pelajaran 2023-2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan penggunaan metode belajar materi bagaimana mendapatkan semu keperluan kita; 2) pelaksanaan penggunaan metode diskusi materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita; 3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita; 4) peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan metode diskusi materi bagaiaman mendapatkan semua keperluan kita kelas IV di SDN 10 Tembang kacang Sungai Raya Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 10 Tembang kacang Sungai raya dengan sumber data adalah peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda , lembar observasi, kelengkapan dokumen. Analisis data berupa analisis presentase dan mean. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan metode diskusi . adapun hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan nilai rata-rata 60. Peserta didik yang dinyatakan tuntas 4 orang atau 33%, sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 8 peserta didik atau setara dengan 67%; 2) penggunaan metode diskusi. Penelitian ini dillaksanankan II siklus, adapun refleksi dari siklus I diperbaiki pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi pada siklusi I ialah 15 langkah-langlah pembelajaran yang terlaksanan atau setara dengan 83,3% sedangkan siklus II, ada 17 langkah-langkah pembelajaran yang terlaksana setara dengan 94,4%; 3) hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan penggunaan metode diskusi pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,1 atau 58% peserta didik yang tuntas dan siklus II dengan nilai rata-rata 80 atau 83,3% peserta didik yang tuntas; 4) terdapat peningkatan dari sebelum ke sesudah diterapkan penggunaan metode diskusi. Peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapakan penggunaan metode diskusi kesiklus I adalah (9,1), dari siklus I ke siklus II (10,9), secara keseluruhan dari sebelum diterapkan penggunaan metode diskusi ke siklus II mengalami peningkatan (20). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode diskusi, hasil belajar. en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA KELAS IV SD NEGERI 10 TEMBANG KACANG SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account