PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 35 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author HAFIZAH, NURIL
dc.date.accessioned 2024-10-28T02:13:24Z
dc.date.available 2024-10-28T02:13:24Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5369
dc.description.abstract NURIL HAFIZAH, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas V di SD Negeri 35 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/ 2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia. 2) Prestasi belajar kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia. 3) Pengaruh model think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia. 4) Besar pengaruh model think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V SD Negeri 35 Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/ 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 35 Pontianak Selatan. Penelitian ini dilakukan di kelas VB dan VC. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Prestasi belajar tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata 65,3. 2) Prestasi belajar kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia tergolong tinggi, dengan nilai rata-rata 80,73. 3) Terdapat pengaruh model think pair share berbantuan alat peraga sistem pernafasan manusia terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem pernafasan manusia. 4) Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunkan effect size adalah sebesar 2,08 dan termasuk dalam kategori besar. Maka dapat disimpulkan model think pair share dibantu alat peraga memberi pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V di SD 35 Pontianak Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model pembelajaran Think Pair Share en_US
dc.subject Alat Peraga en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 35 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Silabus en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account