Abstract:
Elsa Maharani, Penerapan Metode Kisah Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru SKI menggunakan metode kisah mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan mengkondisikan kelas. Ada beberapa siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dan tidak suka metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode berkisah pada pembelajaran SKI di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak terdiri dari: 1)Perencanaan pembelajaran 2)Pelaksanaan pembelajaran. 3)Penilaian pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer satu orang guru SKI dan siswa kelas IV B MIS BAWARI Pontianak, situasi pembelajaran, dokumen RPP dan daftar nilai siswa. Data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu, buku SKI, dan dokumen lain yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian secara umum Penerapan Metode Kisah Pada Pembelajaran SKI di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak telah berjalan sesuai dengan teori namun masih terdapat beberapa kekurangan dan perbedaan secara spesifik bahwa: 1)perencanaan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak yaitu guru mempersiapkan Rencana Rancangan Pembelajaran(RPP). 2)Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak sesuai dengan rencana. langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kebudayaan islam beberapa bagian sudah sesuai dengan rencana namun pelaksanan mempunyai beberapa perbedaan disesuaikan dengan kondisi pada saat proses pembelajaran. 3)Penilaian pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak menggunakan jenis instrument penilaian berupa tes lisan dan tes tertulis, aspek yang dinilai aspek kognitif, hasil penilaian siswa mendapatkan nilai-nilai yang bagus atau tuntas.