PENERAPAN METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MIS BAWARI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author MAHARANI, ELSA
dc.date.accessioned 2024-10-28T02:02:26Z
dc.date.available 2024-10-28T02:02:26Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5366
dc.description.abstract Elsa Maharani, Penerapan Metode Kisah Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru SKI menggunakan metode kisah mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan mengkondisikan kelas. Ada beberapa siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dan tidak suka metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode berkisah pada pembelajaran SKI di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak terdiri dari: 1)Perencanaan pembelajaran 2)Pelaksanaan pembelajaran. 3)Penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer satu orang guru SKI dan siswa kelas IV B MIS BAWARI Pontianak, situasi pembelajaran, dokumen RPP dan daftar nilai siswa. Data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu, buku SKI, dan dokumen lain yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian secara umum Penerapan Metode Kisah Pada Pembelajaran SKI di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak telah berjalan sesuai dengan teori namun masih terdapat beberapa kekurangan dan perbedaan secara spesifik bahwa: 1)perencanaan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak yaitu guru mempersiapkan Rencana Rancangan Pembelajaran(RPP). 2)Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak sesuai dengan rencana. langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kebudayaan islam beberapa bagian sudah sesuai dengan rencana namun pelaksanan mempunyai beberapa perbedaan disesuaikan dengan kondisi pada saat proses pembelajaran. 3)Penilaian pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran SKI di kelas IV MIS BAWARI Pontianak menggunakan jenis instrument penilaian berupa tes lisan dan tes tertulis, aspek yang dinilai aspek kognitif, hasil penilaian siswa mendapatkan nilai-nilai yang bagus atau tuntas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Kisah en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.subject MIS BAWARI en_US
dc.title PENERAPAN METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MIS BAWARI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account