PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author NABILA, AZIZAH
dc.date.accessioned 2024-10-28T01:56:20Z
dc.date.available 2024-10-28T01:56:20Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5364
dc.description.abstract AZIZAH NABILA, (12010068), Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Big Book Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik dan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik (Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn) kelas III MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media big book, metode yang digunakan quasi eksperimen dengan rancangan “one group pretest-posstest design”. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 3E berjumlah 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 3A berjumlah 39 sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes (pre test dan post test) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media big book yang peneliti lakukan dengan persentase 100%. Kedua, dari penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media big book terdapat perbedaan yang signifikaan dilihat dari hasil uji independent sample t-test yang memperoleh nilai 0,024 < 0,05 , artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ketiga, besar pengaruh dari model pembelajaran make a match berbantuan media big book adalah 1,89 yang di ukur menggunakan rumus effect size. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make A Match en_US
dc.subject Media Big Book en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account