dc.description.abstract |
AZIZAH NABILA, (12010068), Pengaruh Model Pembelajaran
Make A Match Berbantuan Media Big Book Terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta
didik dan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional
pada pembelajaran tematik (Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan
PPKn) kelas III MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran make a match berbantuan media big book, metode yang
digunakan quasi eksperimen dengan rancangan “one group pretest-posstest
design”. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 3E berjumlah
39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 3A berjumlah 39
sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi,
teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes (pre test
dan post test) dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan
model pembelajaran make a match berbantuan media big book yang peneliti
lakukan dengan persentase 100%. Kedua, dari penerapan model
pembelajaran make a match berbantuan media big book terdapat perbedaan
yang signifikaan dilihat dari hasil uji independent sample t-test yang
memperoleh nilai 0,024 < 0,05 , artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ketiga,
besar pengaruh dari model pembelajaran make a match berbantuan media
big book adalah 1,89 yang di ukur menggunakan rumus effect size. |
en_US |