PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BEAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI DIAGRAM LINGKARAN DI SDIT AL MADINAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author MUSTIKA M, DEWI
dc.date.accessioned 2024-10-28T01:50:04Z
dc.date.available 2024-10-28T01:50:04Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5362
dc.description.abstract Dewi Mustika M. 11713050. Pengaruh Penggunaan Model Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Diagram Lingkaran di SDIT Al Madinah Pontianak: Fakultas Tabiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika di SDIT Al Madinah Pontianak. penelitian ini menggunakan model discovery learning. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Memaparkan hasil belajar kelas kontrol materi diagram lingkaran kelas V di SDIT Al Madinah Pontianak tanpa menggunakan model discovery learning. 2) Memaparkan hasil belajar kelas eksperimen materi diagram lingkaran kelas V di SDIT Al Madinah Pontianak menggunakan model discovery learning. 3) Memaparkan bagaimana pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi diagram lingkaran di SDIT Al Madinah Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan quasi eksperimen dengan model nonequivalent controul group design. Populasi penelitian terdiri dari kelas V berjumlah 66 peserta didik dengan V A berjumlah 33 dan V B berjumlah 33. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu menggunakan seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran, teknik observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar observasi dan daftar ceklis dan dokumen. Proses analisis data dengan melakukan uji empiris (validitas), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji mann-whitney dan uji independent sample t test) Berdasarkahn hasil analisis data, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan model discovery learning materi diagram lingkaran kelas V pada pre-test memperoleh rata-rata nilai 37,39. Sedangkan pada nilai post-test memperoleh rata-rata nilai sebesar 60,06. 2) Hasil belajar kelas eksperimen menggunakan model discovery learning materi diagram lingkaran kelas V pada pre-test memperoleh rata-rata nilai 41,15. Sedangkan pada nilai post-test memperoleh rata-rata nilai sebesar 70,9. 3) Penggunaan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan uji independent sample t test dengan equal variance assumed yaitu 0,035 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi diagram lingkaran di SDIT Al Madinah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Discovery Leraning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BEAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI DIAGRAM LINGKARAN DI SDIT AL MADINAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account