dc.description.abstract |
SURIYANI. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Peta Konsep Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Barat. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara peserta didik pada saat tampil di depan kelas. Keterampilan berbicara peserta didik di sini masih terbilang cukup kurang dan harus terus berlatih secara terus-menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan True-experimental pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 4C dan 4D yang berjumlah 50 orang. Kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh sehingga sampel yang digunakan ialah kelas 4C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 peserta didik dan 4D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa soal tes essay bercerita untuk menguji keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 09 Pontianak Barat sebelum menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep mendapatkan nilai rata-rata 67,4 dengan kategori cukup. (2) Keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 09 Pontianak Barat setelah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep mendapatkan nilai rata-rata 85,4 dengan kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,200 dari penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 09 Pontianak Barat. (4) Terdapat adanya pengaruh antara model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 09 Pontianak Barat dengan nilai sebesar 0,8 kategori tinggi. |
en_US |