Abstract:
LASMI FARASMITHA (2020), Pengaruh Persepsi dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Ketapang Menabung di Bank Syariah (Studi kasus Pelaku UMKM Wilayah Ketapang). Skripsi, Pontianak: Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Perbankan syariah memiliki tujuan agar mendukung pelaksanaan pembangunan nasional dalam meningkatkan keadilan, kebersamaan dan pemerataan kesejahteraan manusia. Persepsi merupakan proses mengorganisasikan dan menjelaskan kesan-kesan indra untuk memberikan arti terhadap lingkungannya. Promosi adalah sarana yang paling baik untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Minat adalah suatu keadaan ketika seseorang menaruh perhatian pada sesuatu
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh Persepsi dan Promosi terhadap Minat Masyarakat ketapang menabung di Bank Syariah.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif. Sumber data penelitian ini ialah menggunakan data sekunder, yaitu: Kuisioner yang disebarkan kepada Masyarakat ketapang, berupa Link Google Form menggunakan media sosial. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Variabel Independen dalam Penelitian ini ialah Persepsi dan Promosi, dan Variabel Dependen ialah Minat.
Berdasarkan pada anlisis yang telah dilakukan, oleh karena itu maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Variabel Persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat masyarakat menabung di Bank Syariah. 2) Variabel Promosi secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Minat masyarakat menabung di Bank Syariah. 3) Variabel Persepsi dan Promosi secara Simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah