Abstract:
RAIHAN ABIDIN, 12001349 “Internalisasi Karakter Peduli Sosial Melalui
Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di SMP Negeri 16 Pontianak”. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang kesadaran peduli
sosialnya terhadap sesama masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan: 1) apa saja bentuk bentuk kegiatan internalisasi karakter peduli
sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMPN 16 Pontianak. 2) untuk
mendeskripsikan metode internalisasi karakter peduli sosial melalui kegiatan
ekstrakurikuler siswa di SMPN 16 Pontianak. 3) untuk mendeskripsikan faktor
penghambat internalisasi karakter peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler
siswa di SMP Negeri 16 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan pengumpulan data menggunakan peningkatan ketekunan,
triangulasi sumber, member check dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian internalisasi karakter peduli sosial dilakukan melalui
kegiatan rutin seperti kegiatan Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan
pengembangan budaya sekolah. Internalisasi karakter peduli sosial melalui metode
keteladanan, pembiasaan dan metode nasihat/ceramah. faktor penghambat
internalisasi karakter peduli sosial yaitu faktor internal yang berupa latar belakang
siswa yang bermacam-macam, kurangnya kesadaran siswa, rasa malas dan sikap
cuek serta kurangnya motivasi. faktor penghambat eksternal berasal dari
lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.