Internalisasi Karakter Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di SMP Negeri 16 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.author Abidin, Raihan
dc.date.accessioned 2024-10-24T03:49:44Z
dc.date.available 2024-10-24T03:49:44Z
dc.date.issued 2024-10-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5346
dc.description.abstract RAIHAN ABIDIN, 12001349 “Internalisasi Karakter Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di SMP Negeri 16 Pontianak”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang kesadaran peduli sosialnya terhadap sesama masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) apa saja bentuk bentuk kegiatan internalisasi karakter peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMPN 16 Pontianak. 2) untuk mendeskripsikan metode internalisasi karakter peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMPN 16 Pontianak. 3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat internalisasi karakter peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMP Negeri 16 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan pengumpulan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, member check dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian internalisasi karakter peduli sosial dilakukan melalui kegiatan rutin seperti kegiatan Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan pengembangan budaya sekolah. Internalisasi karakter peduli sosial melalui metode keteladanan, pembiasaan dan metode nasihat/ceramah. faktor penghambat internalisasi karakter peduli sosial yaitu faktor internal yang berupa latar belakang siswa yang bermacam-macam, kurangnya kesadaran siswa, rasa malas dan sikap cuek serta kurangnya motivasi. faktor penghambat eksternal berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Internalisasi karakter en_US
dc.subject Peduli Sosial en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.title Internalisasi Karakter Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di SMP Negeri 16 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account