Abstract:
BUDIONO WIJAYA, NIM: 11725035, “Strategi Pemasaran Bisnis
Sirup Nanas Parit Suka Maju Desa Sungai Malaya Kecamatan Sungai Ambawang
Kabupaten Kubu Raya.”Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak.2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Produk bisnis
Sirup Nanas di Parit Suka Maju Desa . Sungai Malaya Kecamatan Sungai
Ambawang Kabupaten Kubu Raya. 2. Harga bisnis Sirup Nanas di Parit Suka Maju
Desa Sungai Malaya Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. 3.
Promusi bisnis Sirup Nanas di Parit Suka Maju Desa Sungai Malaya Kecamatan
Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya
Sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Pemilik Usaha Sirup
Nanas, Tim Produksi dan juga Tim Promosi. Sedangkan data diperoleh dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa dengan menggunakan
pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dan teknik
pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi dan Member
Chek.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Produk sirup nanas
bila dilihat katahanan serta wujudnya memiliki produk yang bagus dan walau
ketahanannya tidak seperti produk lain, namun tetap higienis, penentuan produk
yang dihasilkan didasarkan pada keinginan masyarakat dan juga merupakan
produk dengan faktor produksi yang mudah didapat dan kualitas barang yang
diproduksi juga tetap dipertahankan serta jumlah produksinya juga disesuaikan
dengan keinginan pasar dan faktor produksi sangat memadai baik dari bahan
maupun dari segi tenaga kerja dan untuk kuantitas barang yang di produksi juga
didasarkan pada permintaan pasar 2. Harga jual produk sirup nanas ditentukan
berdasarkan kemasan, dan harga produk yang ada sangat terjangkau dengan daya
beli masyarakat, kesesuaian harga dengan kualitas produk sudah tepat dan sesuai
dengan daya saing harga dengan produk lain yang sejenis dan manfaat produk
sesuai dengan harga yang dipatok serta kualitas barang yang ditawarkan
menyesuaikan harga produk yang dihasilkan. 3. Promosi dilakukan dengan
pemilihan pasar untuk semua elemen masyarakat, dan promosi awalnya dilakukan
dengan cara dari pelanggan ke pelanggan lainnya dan selanjutnya dilakukan
melalui media sosial seperti Face Book ataupun promosi online lainnya,
perencanaan sesuai dengan permintaan pasar dan sistem distibusi yang dilakukan
adalah dengan mengantar langsung ke konsumen dan juga konsumen yang
langsung datang ke tempat pemasaran atau bahkan ke loaksi produksi selanjutnya
komunikasi dalam promosi yang dilakukan selama ini berjalan baik dan dilakukan
dengan selalu menjaga sikap agar selalu sopan dan ramah kepada konsumen.