Abstract:
Qoriah, Strategi Pemasaran Jasa Dalam menarik Minat Calon Jamaah Haji dan Umrah pada PT. Tazakka Tour dan Travel di Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan PT. Tazakka Tour dan Travel dalam menarik minat jamaah haji dan umrah. (2) Untuk mengetahui kelebihan strategi pemasaran dalam menarik minat jamaah haji dan umrah pada PT. Tazakka Tour dan Travel. (3) Untuk mengetahui kendala dalam menarik minat jamaah haji dan umrah pada PT. Tazakka Tour dan Travel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdapat pada PT. Tazakka Tour dan Travel.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Tazakka Tour dan Travel dalam menarik minat jamaah haji dan umrah yaitu ditinjau dari bauran pemassaran (marketing mix) 7P yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, lingkungan fisik atau fasilitas. Bahwa yang berperan penting dalam menarik minat jamaah yaitu lebih ke strategi promosi di mana antaranya yaitu pendekatan dengan masyarakat melalui majelis-majelis taklim, pelayanan, yang di mana jamaah sudah merasa puas dengan pelayanan yang di dapatkan dan mereka akan menceritakan kepada teman-teman atau saudaranya dan melalui media cetak berupa brosur dan benner. (2) Kelebihan strategi pemasaran dalam menarik minat jamaah haji dan umrah yaitu pertama memiliki strategi pemasaran yang berbeda bahwa di PT. Tazakka Tour dan Travel menawarkan harga paket yang tidak terlalu mahal tetapi memiliki kemudahan akses ke Masjidil Haram dengan memiliki akomodasi yang berlokasi dekat dengan Masjidil Haram. Kedua, PT. Tazakka Tour dan Travel dapat mempertahankan pelanggan dan menarik minat baru dengan menjaga standar pelayanan yang tinggi. Dengan menyediakan minuman dan makanan berat secara gratis, serta memperhatikan kebutuhan jamaah dari awal hingga akhir perjalanan, perusahaan dapat memastikan pengalaman yang optimal. Dan yang ketiga, PT. Tazakka Tour dan Travel membangun hubungan yang kuat dengan jamaah melalui grup Whatsapp yang dikelola langsung oleh ustadz Ruddy Effendi sebagai pemilik perusahaan. (3) Kendala dalam menarik minat jamaah haji dan umrah yaitu banyaknya persaingan, maraknya penipuan, dan rendahnya pendapatan ekonomi masyarakat.