Abstract:
AMANDA SHILVANY (12015073), Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace Fiverr (Studi Kasus Komunitas Fiverr ID). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah harga platform marketplace Fiverr berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (2) Apakah kualitas pelayanan platform marketplace Fiverr berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (3) Apakah promosi platform marketplace Fiverr berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan di penelitian ini adalah data primer yang di dapat dari anggota aktif komunitas Fiverr ID. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltiain ini adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan sesuai sampel yang telah ditentukan sebelumnya dengan Teknik pengambilan sampel Probability Proportionate Stratified Random Sampling. Untuk Teknik analisis datanya digunakan beberapa uji yaitu Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, dan Pengujian Hipotesis.
Berdasarkan Hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya, maka ditarik Kesimpulan: 1) variabel harga marketplace Fiverr berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) variabel kualitas pelayanan marketplace Fiverr berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, 3) variabel promosi marketplace Fiverr tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) variabel harga (X1), variabel kualitas pelayanan (X2) dan variabel promosi (X3) berpengaruh positif secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y).