Abstract:
YITI SUSANTI. Strategi Membangun Citra Merek untuk Meningkatkan
Daya Saing Madrasah Aliyah Negeri Kayong Utara Desa Pangkalan Buton.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam
(PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh citra merek Madrasah Aliyah yang
belum terbangun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, (1)
konseptualisasi strategi membangun citra merek untuk meningkatlan daya saing,
(2) Implementasi strategi membangun citra merek untuk meningkatkan daya saing,
(3) faktor pendorong dan penghambat strategi membangun citra merek untuk
meningkatkan daya saing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Tempat dan waktu penelitin ini adalah di MAN Kayong Utara Desa
Pangkalan Buton pada bulan maret 2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala
Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, Wakil Kepala Kesiswaan, Pelatih
Ekstrakurikuler dan Staf Tu dan objek penelitiannya adalah strategi membangun
citra merek untuk meningkatkan daya saing. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan
data penelitian ini adalah dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan
pedoman dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, display data,
dan verifikasi data atau penarikan Kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek.
Berdasarkan analisis data terdapat tiga hasil penelitian. Pertama
Konseptualisasi strategi membangun citra merek untuk meningkatkan daya saing
Madrasah Aliyah Negeri Kayong Utara Desa Pangkalan Buton, ialah dengan
analisis SWOT yang bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan, meminimalkan
kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun peluang. proses pengambilan
keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan,
strategi dan kebijakan madrasah. Kedua Implementasi strategi membangun citra
merek untuk meningkatkan daya saing Madrasah Aliyah Negeri Kayong Utara
Desa Pangkalan Buton , telah tampak dengan menekankan pada a) Mengumpulkan
data masalah substansi Kekuatan, Peluang, Hambatan, dan Ancaman, b)
Melaksanakan langkah operasional yang Terstruktur, c) Menata dan Menambah
Sarana Prasarana Madrasah, d) Menerapkan Profesionalisme dengan Integritas
Pribadi dan e) Mengoptimalkan penggunaan dana, waktu, dan daya. ketiga Faktor
pendorong strategi membangun citra merek untuk meningkatkan daya saing
Madrasah Aliyah telah tampak dengan Faktor Pendorong (Internal dan Eksternal)
dan Faktor Penghambat (Internal dan Eksternal)