Abstract:
VIRA ARDIYATI, Faktor-Faktor yang Menyebabkan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tidak Berjalan Sesuai Target (Studi Kasus di Kelas X SMAN 6 Pontianak). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Faktor yang berasal dari internal peserta didik yang menyebabkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak tidak berjalan sesuai target. 2) Faktor yang berasal dari sekolah yang menyebabkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak tidak berjalan sesuai target.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di SMAN 6 Pontianak. Sumber data penelitian yaitu peserta didik kelas X dan guru PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Robert K. Yin yaitu analisis pencocokan pola, analisis deret waktu, serta pembuatan eksplanasi. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik member check dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Faktor yang berasal dari internal peserta didik yang menyebabkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak tidak berjalan sesuai target meliputi Bakat, Kematangan, dan Kelelahan Jasmaniah. 2) Faktor yang berasal dari sekolah yang menyebabkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak tidak berjalan sesuai target meliputi Kurikulum, Disiplin Peserta Didik, dan Alat Pelajaran.