PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP NILAI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author ANDIANI, NOVIA DEWI
dc.date.accessioned 2024-10-16T01:18:15Z
dc.date.available 2024-10-16T01:18:15Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5295
dc.description.abstract NOVIA DEWI ANDIANI, Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Nilai Belajar Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis. (1) Nilai Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Raya pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan sebelum Menggunakan Media Komik Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Nilai Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Raya pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan setelah Menggunakan Media Komik Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) Pengaruh penggunaan media komik terhadap nilai belajar peserta didik. (4) Besar pengaruh penggunaan media komik terhadap nilai belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Eksperimen. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B sebanyak 59 peserta didik. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik dan Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes nilai belajar berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi dengan proses kerjanya melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana dan determinasi index (r2) menggunakan spss16 dipaparkan secara sisematis aktual dan faktual. Kesimpulan penelitian ini : (1) Nilai belajar peserta didik sebelum menggunakan media komik menunjukkan dari 30 jumlah peserta didik terdapat 7 peserta didik memenuhi standar KKM yaitu 70. Sedangkan peserta didik yang belum memenuhi standar KKM berjumlah 23 peserta didik pada pembelajaran tema 1 Indahnya Kebersamaan di SDN 02 Sungai Raya. (2) Penerapan media komik telah dilakukan dengan langkah-langkah secara sistematis dari persiapan,pelaksanaan,dan tindak lanjut, sehingga menunjukkan nilai belajar dari 30 peserta didik 28 orang telah mencapai nilai KKM dan 2 orang peserta didik yang belum mencapai nilai KKM pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan di SDN 02 Sungai Raya. (3) Terdapat pengaruh media komik terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai Fhitung (84.713)>Ftabel(4,00), dan dapat dilihat juga pada nilai signifikansi (0,000 < 0,05), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (4) Hasil N-Gain menunjukkan media komik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 77% dengan kategori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Komik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP NILAI BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account