dc.description.abstract |
ASMIKA. Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Transfer Energi Antarmakhluk Hidup Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Prob-lem Based Learning dan Project Based Learning di SD Bawamai Pontianak Ta-hun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, prestasi belajar peserta didik transfer energi antarmakhluk hidup Kelas V menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di SD Bawamai Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Kedua, prestasi belajar peserta didik materi transfer energi antarmakhluk hidup Kelas V menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di SD Bawamai Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Ketiga, perbedaan prestasi belajar peserta didik materi transfer energi antarmakhluk hidup Kelas V menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning di SD Bawamai Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Lokasi penelitian ini di SD Bawamai Pontianak. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas V dengan jumlah populasi 60 peserta didik. Dan sampel dalam penelitian ini menggunkaan Teknik purposive sampling. Teknik dan pengumpulan data mengunakan tes, observasi dan doku-mentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensia
Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, prestasi belajar peserta didik pada ma-teri transfer energi antarmakhluk hidup di kelas V SD Bawamai Pontianak menggunakan model Problem Based Learning tahun ajaran 2023/2024 diperoleh nilai prestasi belajar dengan rata-rata sebesar 69,33. Kedua, prestasi belajar pe-serta didik pada materi transfer energi antarmakhluk hidup di kelas V SD Bawamai Pontianak menggunakan model Project Based Learning tahun ajaran 2023/2024 diperoleh nilai prestasi belajar dengan rata-rata sebesar 75,17. Ketiga, perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang menggunakan model pem-belajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning memperoleh hasil yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikasi melalui hasil uji beda (t-Test) independent test. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan Project Based Learning dimana peninghkatan prestasi belajar di kelas pbl hanya 26,16, se-dangkan pada kelas pjbl sebesar 35,50 |
en_US |