dc.description.abstract |
NURFAIZA. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Melalui Metode DemonstrasiPada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Afektif PesertaDidik Kelas V MIS Bawari Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. ProgramStudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis: 1) Hasil belajar afektifpeserta didik di kelas kontrol yang menggunakan metode demonstrasi di MISBawari Pontianak Kota Tahun ajaran 2023-2024. 2) Hasil belajar afektif pesertadidik di kelas eksperimen yang menggunakan Alat Peraga Melalui MetodeDemonstrasi Pada Materi Sistem Peredaran Darah di MIS Bawari PontianakKota Tahun ajaran 2023-2024. 3) Pengaruh penggunaan alat peraga melaluimetode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah terhadap hasil belajarafektif kelas V MIS Bawari Pontianak Kota Tahun ajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiantrue eksperiment dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V berjumlah 58 peserta didik diMIS Bawari Pontianak kota. Teknik sampling total dan alat yang digunakandalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar afektif peserta didikkelas kontrol VA yang menggunakan metode demonstrasi di MIS BawariPontianak Kota tahun ajaran 2023/2024, diperoleh hasil belajar tergolong sangattinggi dengan rata-rata sebesar 90,65. 2) Hasil belajar afektif peserta didik kelaseksperimen VB yang menggunakan alat peraga melalui metode demonstrasipada materi sistem peredaran darah di MIS Bawari Pontianak Kota Tahun Ajaran2023/2024 diperoleh hasil belajar dengan rata-rata sebesar 90,69 kategori hasilbelajar afektif sangat tinggi. 3) Tidak terdapat Pengaruh penggunaan alat peragamelalui metode demonstrasi pada materi sistem peredaran darah terhadap hasilbelajar afektif kelas V MIS Bawari Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. |
en_US |