PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERMAINAN BOLA KECIL DI KELAS V SDN 24 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author KARTINI, WIRA
dc.date.accessioned 2024-10-10T08:31:12Z
dc.date.available 2024-10-10T08:31:12Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5272
dc.description.abstract WIRA KARTINI, Pengaruh Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Permainan Bola Kecil di Kelas V SD Negeri 24 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2021/2022: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2021/2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hal-hal yang berkaitan dengan media pembelajaran yang kurang variatif, hal ini dikarenakan kurang tersedianya baik sarana maupun prasarana misalnya media yang dapat digunakan sebagai alat untuk peroses belajar. Maka dari itu tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi permainan bola kecil di kelas V SD Negeri 24 Pontianak Timur tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Dengan sampel kelas VA dan kelas VB SD Negeri 24 Pontianak Timur. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Sedangkan data yang digunakan normalitas data pretest dan posttest dengan kelas eksperimen dan kontrol, pada kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan, sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media video animasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi permainan bola kecil di kelas V SDN 24 Pontianak tahun pelajaran 2020/2021 yang tidak menggunakan media video animasi, dengan hasil pretest yang diperoleh denagn nilai rata-rata 48,62, dan hasil posttest 66,55. (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media video animasi, dengan hasil pretest di kelas memiliki nilai rata-rata sebesar 47,00, dan hasil posttest 74,67. (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media video animasi lebih baik dibandingkan dengan pengalaman hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video animasi pada materi permainan bola kecil di kelas V SDN 24 Pontianak tahun pelajaran 2020/2021. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERMAINAN BOLA KECIL DI KELAS V SDN 24 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account