dc.description.abstract |
DINA YUNIKA, Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Proses Perumusan dan Nilai-nilai Pancasila Kelas IV pada Kurikulum Merdeka: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pendidikan pancasila materi proses perumusan dan nilai-nilai pancasila. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui langkah – langkah penggunaan model Discovery Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila; (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen (IV C) yang menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila; (3) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di kelas kontrol (IV D ) yang tidak menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila; (4) Untuk mengetahui pengaruh antara kelas kontrol (IV D) terhadap hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen (IV C) yang menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila kelas IV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest Posttest. Dengan populasi peserta didik kelas IV sebanyak 56 peserta didik, terdiri dari 2 kelas dan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran, dan analisis dokumen dan alat pengumpulan datanya lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Langkah – langkah Model Discovery Learning adalah sebagai berikut : (a) Guru memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan Apa fungsi Pancasila?; (b) Peserta didik untuk mengidentifikasi agenda - agenda masalah yang relevan ; (c) Peserta didik mengumpulkan informasi melalui berbagai macam sumber, seperti internet, buku paket; (d) Peserta didik mengolah data yang didapatkan melalui buku; (e) Peserta didik melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan dengan temuan alternatif; (2) Pada saat dilihat dari hasil akhir rata – rata nilai proses perumusan dan nilai – nilai pancasila di kelas kontrol lebih kecil daripada di kelas eksperimen; (3) Terdapat beberapa pencapaian yang didapat oleh peserta didik, yaitu pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (4) Penggunaan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap proses perumusan dan nilai – nilai pancasila kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan. |
en_US |