IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III TEMA 6 DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author PUTRI, SAHIRA AULIA
dc.date.accessioned 2024-10-10T08:18:49Z
dc.date.available 2024-10-10T08:18:49Z
dc.date.issued 2024-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5268
dc.description.abstract Sahira Aulia Putri 12010089, Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema 6 di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya hasil belajar peserta didik kelas IIIA pada tema 6 hasil belajar kognitif peserta didik masih tergolong sangat rendah sehingga perlu dilakukannya perbaikan. Tujuan penelitian ini untuk : (1) hasil belajar peserta didik kelas IIIA tema 6 energi dan perubahannya sebelum diimplementasikan pendekatan saintifik di SDN 09 Pontianak Utara. (2) langkah-langkah implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIA tema 6 energi dan perubahannya di SDN 09 Pontianak Utara. (3) hasil belajar peserta didik sesudah diimplementasikan pendekatan saintifik di kelas IIIA tema 6 energi dan perubahnnya di SDN 09 Pontianak Utara. (4) peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah diimplementasikan pendekatan saintifik di kelas IIIA tema 6 energi dan perubahannya di SDN 09 Pontianak Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber data adalah guru dan siswa kelas IIIA, data dikumpulkan memalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini antara lain yaitu : (1) hasil belajar peserta didik sebelum diimplementasikan pendekatan saintifik dengan nilai rata-rata 61,21 dengan kategori cukup. (2) langkah-langkah pendekatan saintifik seperti mengamati, bertanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 77,57 dengan kategori tinggi. (3) hasil belajar peserta didik setelah diimplementasikan pendekatan saintifik dengan nilai rata rata 95,75 dengan kategori sangat tinggi. (4) peningkatan hasil belajar peserta didik berdasarkan data observasi peresentase peserta didik yang sudah tuntas meningkat dari prasiklus dengan nilai rata-rata 61,21 meningkat pada siklus I dengan nilai rata rata peserta didik 77,57, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata rata 95,75. Persentase peningkatan dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 42,42%, dan pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 24,25%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III TEMA 6 DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account