Abstract:
ALMALINA, Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren Madrasatul
Qur’an. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Prodi Manajemen Dakwah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui evaluasi context
(konteks) pada program tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an,
2) untuk mengetahui evaluasi input (masukan) dari program tahfidz al-qur’an di
Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an, 3 (mengetahui evaluasi process (proses)
program tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Madrasatul qur’an, 4) untuk
mengetahui evaluasi product (produk) program tahfidz al-qur’an dan yang
terakhir 5) untuk mengetahui evaluasi outcame (manfaat) program tahfidz alqur’an
di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sumber data yang diambil
berupa data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil dari
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder merupakan
data tambahan dan data pendukung sehingga data yang didapatkan menjadi
pelengkap kebutuhan data penelitian sebelumnya. Seperti dokumen-dokumen
penting, situs web, buku dan sebagainya.
Hasil temuan penelitian ini merupakan evaluasi dari program tahfidz alqur’an
1) evaluasi context (konteks) program tahfidz al-qur’an ini sudah sangat
baik, 2) evaluasi input (masukan) program tahfidz al-qur’an juga sudah baik
meski ada kendala tetapi masih bisa diatasi, 3) evaluasi process (proses) sudah
baik karna ada pembinaan saat peserta mendaftar, 4) evaluasi product (produk)
sudah baik karna hasil yang didapatkan santri ketika sudah lulus diwisudai dan
mendapat ijzah serta sertifikat, dan yang terakhir 5) evaluasi outcame (manfaat)
sudah baik karna ada harapan guru untuk santri bisa mengabdi di pondok
pesantren madrasatul qur’an dan sudah ada beberapa yang mengabdi disana