Abstract:
Wulan Ayu Oktaviani (12015077), Pengaruh Strategi Digital Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Produk Wardah Di Kota Pontianak. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan price discount melalui media sosial istagram terhadap impulse buying pada produk wardah di Kota Pontianak. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital maketing terhadap impulse buying pada produk wardah di Kota Pontianak, dan untuk mengetahui pengaruh price discount terhadap impulse buying pada produk wardah di Kota Pontianak. Serta untuk mengetahui apakah secara bersama-sama strategi digital marketing dan price discount melalui berpegaruh terhadap impulse buying pada Produk Wardah di Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 23. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Variabel dependen pada penelitian ini adalah impulse buying, sedangkan variabel independen pada penelitian ini terdiri dari digital marketing dan price discount.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian t hitung lebih besar dari t tabel (3,228> 1,985) dengan nilai signifikansinya 0,002 < 0,05 . 2) Secara parsial price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung 4,039 lebih besar dari t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Strategi digital marketing dan price discount secara simultan berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian nilai Fhitung 47,934 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,09.