Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang
digunakan masih menggunakan metode ceramah sehingga peran guru masih
mendominasi pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi tajwid
pembelajaran Al-qur’an Hadist kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar
menggunakan metode yanbu’a dengan metode ceramah.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain Quasi Eksperiment, bentuk nonequivalent control group design,
sample penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B tahun ajaran
2023/2024 dan sampel 40 siswa dibagi menjadi 20 siswa dikelas eksperimen
dan 20 siswa dikelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
diberikan tes pilihan ganda dalam tes tersebut dibagi menjadi dua yaitu pretest
dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji
Homogentias, Uji-T.
Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode yanbu’a berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
materi tajwid pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Raudlatul
Firdaus Sungai Ambawang yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa
dengan rata-rata 90,75 dan uji-T yang diperoleh nilai signifikan sebesar ,000
< 0,05. Dan metode yanbu’a memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap
hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil uji independen effect sizes yang
menunjukkan output poin estimate sebesar 3,096 termasuk kaegori tinggi.