Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu'a Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Tajwid Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist Kelas VII MTs Raudlatul Firdaus Sungai Ambawang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Yuliana, Yuliana
dc.date.accessioned 2024-10-02T06:43:29Z
dc.date.available 2024-10-02T06:43:29Z
dc.date.issued 2024-07-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5220
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah sehingga peran guru masih mendominasi pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi tajwid pembelajaran Al-qur’an Hadist kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode yanbu’a dengan metode ceramah. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperiment, bentuk nonequivalent control group design, sample penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B tahun ajaran 2023/2024 dan sampel 40 siswa dibagi menjadi 20 siswa dikelas eksperimen dan 20 siswa dikelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diberikan tes pilihan ganda dalam tes tersebut dibagi menjadi dua yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogentias, Uji-T. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode yanbu’a berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi tajwid pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Raudlatul Firdaus Sungai Ambawang yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa dengan rata-rata 90,75 dan uji-T yang diperoleh nilai signifikan sebesar ,000 < 0,05. Dan metode yanbu’a memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil uji independen effect sizes yang menunjukkan output poin estimate sebesar 3,096 termasuk kaegori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Yanbu'a en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject materi tajwid en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu'a Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Tajwid Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist Kelas VII MTs Raudlatul Firdaus Sungai Ambawang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account