Abstract:
SITI MUDIATUL HAIRI, 11714008, Penerapan Media Engklek untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B, Di TK Islam Harapan Indah, , Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini di latar belakangi belum diterapkan media engklek di TK Islam Harapan Indah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) langkah-langkah penerapan media “Engklek” untuk mengasah perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk Islam Harapan Indah, Pontianak.2) Perkembangan motorik kasar pada Anak Usia Dini setelah diterapkannya media “Engklek” di Tk Islam Harapan Indah, Pontianak. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian metode kualitatif dan jenis metode deskriptif. Subjek penelitian 18 siswa. Penggambaran tersebut disajikan setelah dilakukanya klasifikasi data yang diperoleh di lapangan dengan teknik pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan pembahasan.
Berdasarkan pada analisis yang di lakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa:1) Langkah-langkah penerapan media engklek untuk mengasah perkembangan motorik kasar anak dilaksanakan dengan menerapkan permainan engklek dengan menggunakan media engklek menggunakan krayon dan menggambar kotak-kotak, dan menyiapkan kubik. 2) penerapan dilaksanakan dengan perencanaan dokumen pembelajaran (RPPH), Media, dan lembar aspek pengamatan kemampuan motorik kasar.
Kesimpulan Perkembangan motorik kasar anak setelah diterapkan media engklek adalah anak menunjukkan kemampuan gerak lokomotor dan nonlokomotor, yakni: Melompat, Berjingkat, Melempar, Merayap, memutar Tubuh, menekuk/membungkuk, dan keseimbangan. Perkembangan motorik dari 18 anak di kelas B TK Islam Harapan Indah secara umum mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan.