Penerapan Media Engklek Untuk Mengasah Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B TK Islam Harapan Indah, Pontianak Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Hairi, Siti Mudiatul
dc.date.accessioned 2024-10-02T06:34:02Z
dc.date.available 2024-10-02T06:34:02Z
dc.date.issued 2024-07-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5219
dc.description.abstract SITI MUDIATUL HAIRI, 11714008, Penerapan Media Engklek untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B, Di TK Islam Harapan Indah, , Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini di latar belakangi belum diterapkan media engklek di TK Islam Harapan Indah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) langkah-langkah penerapan media “Engklek” untuk mengasah perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk Islam Harapan Indah, Pontianak.2) Perkembangan motorik kasar pada Anak Usia Dini setelah diterapkannya media “Engklek” di Tk Islam Harapan Indah, Pontianak. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian metode kualitatif dan jenis metode deskriptif. Subjek penelitian 18 siswa. Penggambaran tersebut disajikan setelah dilakukanya klasifikasi data yang diperoleh di lapangan dengan teknik pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan pembahasan. Berdasarkan pada analisis yang di lakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa:1) Langkah-langkah penerapan media engklek untuk mengasah perkembangan motorik kasar anak dilaksanakan dengan menerapkan permainan engklek dengan menggunakan media engklek menggunakan krayon dan menggambar kotak-kotak, dan menyiapkan kubik. 2) penerapan dilaksanakan dengan perencanaan dokumen pembelajaran (RPPH), Media, dan lembar aspek pengamatan kemampuan motorik kasar. Kesimpulan Perkembangan motorik kasar anak setelah diterapkan media engklek adalah anak menunjukkan kemampuan gerak lokomotor dan nonlokomotor, yakni: Melompat, Berjingkat, Melempar, Merayap, memutar Tubuh, menekuk/membungkuk, dan keseimbangan. Perkembangan motorik dari 18 anak di kelas B TK Islam Harapan Indah secara umum mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Engklek en_US
dc.subject Motorik Kasar en_US
dc.title Penerapan Media Engklek Untuk Mengasah Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B TK Islam Harapan Indah, Pontianak Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account