Abstract:
RIDWAN MUSNI, 11733044, Strategi Peningkatkan Pelayanan Melalui Program
Safari Subuh Dan Safari Maghrib Di Kantor Urusan Agama (KUA) Jungkat, Kecamatan
Jungkat, Kab. Mempawah.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Strategi Program
Pelayanan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Jungkat Dalam Meningkatkan Pengetahuan
dan Minat Masyarakat Muslim Terhadap Kantor Urusan Agama (KUA). Secara
terperinci penelitian ini berupaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang: Pelaksanaan,
pendukung dan hambatan, serta strategi pelaksanaan program tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Staf Penyuluh
Fungsional, Staf Pelaksana, serta Staf Penyuluh di Lembaga Kantor Urusan Agama
(KUA) Jungkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah
wawancara mendalam, observasi partisipan dan nonpartisipan, serta dokumentasi.
Hasil penelitian kali ini menunjukan bahwa pelaksanaan Program Safari subuh
dan Maghrib ini dilakukan sebulan sekali pada waktu selepas sholat subuh dan selepas
sholat maghrib dengan tujuan untuk memperkenalkan program pelayanan KUA Jungkat
lebih dalam lagi. Salah satu faktor pendukung program ini ialah pelaksanaan yang
dilakukan diluar jam kerja sehingga tidak mengikat pada formalitas yang ada di KUA
Jungkat namun juga perlu memperhatikan dampak yang akan terjadi. Adapun faktor yang
menghambat dari staf KUA itu sendiri adalah Kurangya sosialisasi kepada masyarakat,
Intensitas pelayanan yang terlalu sedikit dan Prosedur Pelayanan kurang optimal,
Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pegawai masih rendah, Tidak ada
Penghargaan dan Insentif bagi Pegawai yang berprestasi, Stabilitas Internet dalam
Pelayanan kurang optimal. Dalam hal ini strategi yang digunakan pada program tersebut
ialah menarik minat masyarakat dengan bersosialisasi dengan memberikan materi
penyampaian terkait pemahaman agama dan peranan KUA sebagai lembaga instansi
masyarakat, dengan model berdiskusi serta tanya jawab yang mana dari pemberi materi
kepada pendengarnya (audien). Program Pelayanan yang berjalan di KUA Kecamatan
Jungkat sudah cukup baik yang dapat dilihat dari antusias masyarakat yang ingin belajar
khutbah dan ilmu hukum Agama Islam yang memberikan dampak peningkatan
kunjungan pertahun yang terus mengalami peningkatan, mulai dari tahun 2019 hingga
2024 sampai pada saat ini.