STRATEGI PENINGKATKAN PELAYANAN MELALUI PROGRAM SAFARI SUBUH DAN SAFARI MAGHRIB DI KANTOR URUSAN AGAMA(KUA) KECAMATAN JUNGKAT KABUPATEN MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gitosaroso, Muh
dc.contributor.advisor Hanifah, Siti
dc.contributor.advisor Waldan, Raziki
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author MUSNI, RIDWAN
dc.date.accessioned 2024-09-26T02:55:46Z
dc.date.available 2024-09-26T02:55:46Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5210
dc.description.abstract RIDWAN MUSNI, 11733044, Strategi Peningkatkan Pelayanan Melalui Program Safari Subuh Dan Safari Maghrib Di Kantor Urusan Agama (KUA) Jungkat, Kecamatan Jungkat, Kab. Mempawah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Strategi Program Pelayanan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Jungkat Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Minat Masyarakat Muslim Terhadap Kantor Urusan Agama (KUA). Secara terperinci penelitian ini berupaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang: Pelaksanaan, pendukung dan hambatan, serta strategi pelaksanaan program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Staf Penyuluh Fungsional, Staf Pelaksana, serta Staf Penyuluh di Lembaga Kantor Urusan Agama (KUA) Jungkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan nonpartisipan, serta dokumentasi. Hasil penelitian kali ini menunjukan bahwa pelaksanaan Program Safari subuh dan Maghrib ini dilakukan sebulan sekali pada waktu selepas sholat subuh dan selepas sholat maghrib dengan tujuan untuk memperkenalkan program pelayanan KUA Jungkat lebih dalam lagi. Salah satu faktor pendukung program ini ialah pelaksanaan yang dilakukan diluar jam kerja sehingga tidak mengikat pada formalitas yang ada di KUA Jungkat namun juga perlu memperhatikan dampak yang akan terjadi. Adapun faktor yang menghambat dari staf KUA itu sendiri adalah Kurangya sosialisasi kepada masyarakat, Intensitas pelayanan yang terlalu sedikit dan Prosedur Pelayanan kurang optimal, Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pegawai masih rendah, Tidak ada Penghargaan dan Insentif bagi Pegawai yang berprestasi, Stabilitas Internet dalam Pelayanan kurang optimal. Dalam hal ini strategi yang digunakan pada program tersebut ialah menarik minat masyarakat dengan bersosialisasi dengan memberikan materi penyampaian terkait pemahaman agama dan peranan KUA sebagai lembaga instansi masyarakat, dengan model berdiskusi serta tanya jawab yang mana dari pemberi materi kepada pendengarnya (audien). Program Pelayanan yang berjalan di KUA Kecamatan Jungkat sudah cukup baik yang dapat dilihat dari antusias masyarakat yang ingin belajar khutbah dan ilmu hukum Agama Islam yang memberikan dampak peningkatan kunjungan pertahun yang terus mengalami peningkatan, mulai dari tahun 2019 hingga 2024 sampai pada saat ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Program en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject KUA en_US
dc.title STRATEGI PENINGKATKAN PELAYANAN MELALUI PROGRAM SAFARI SUBUH DAN SAFARI MAGHRIB DI KANTOR URUSAN AGAMA(KUA) KECAMATAN JUNGKAT KABUPATEN MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account