Abstract:
AYU KHAIRANI SAPUTRI, Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Pop Up Book Sub Tema Binatang Di Air Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang; (1) metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo; (2) pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo; (3) seberapa besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dengan teknik penelitian posttest-only control design. Lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas B dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 yang berjumlah 12 anak dan kelas B2 berjumlah 12 anak. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sedangkan variabel terikatnya yaitu perkembangan bahasa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (lembar observasi), checklist (lembar checklist), dan dokumentasi (dokumen-dokumen pendukung). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (modus, median, mean, varians dan standar devisiasi), uji prasyarat analisis (normalitas), dan analisis statistik inferensial (parametrik uji paired sampel t-test).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah metode bercerita secara sistematis; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima; (3) besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak yaitu menggunakan uji effect size mendapatkan nilai sebesar 3,36 berdasarkan interpretasi indeks menunjukkan kategori besar.