PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA “POP UP BOOK” SUB TEMA BINATANG DI AIR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA SANGGAU LEDO

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author SAPUTRI, AYU KHAIRANI
dc.date.accessioned 2024-09-25T06:56:58Z
dc.date.available 2024-09-25T06:56:58Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5200
dc.description.abstract AYU KHAIRANI SAPUTRI, Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Pop Up Book Sub Tema Binatang Di Air Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang; (1) metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo; (2) pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo; (3) seberapa besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dengan teknik penelitian posttest-only control design. Lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas B dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 yang berjumlah 12 anak dan kelas B2 berjumlah 12 anak. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sedangkan variabel terikatnya yaitu perkembangan bahasa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (lembar observasi), checklist (lembar checklist), dan dokumentasi (dokumen-dokumen pendukung). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (modus, median, mean, varians dan standar devisiasi), uji prasyarat analisis (normalitas), dan analisis statistik inferensial (parametrik uji paired sampel t-test). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah metode bercerita secara sistematis; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima; (3) besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di air terhadap perkembangan bahasa anak yaitu menggunakan uji effect size mendapatkan nilai sebesar 3,36 berdasarkan interpretasi indeks menunjukkan kategori besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Bercerita en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Perkembangan Bahasa en_US
dc.title PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA “POP UP BOOK” SUB TEMA BINATANG DI AIR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA SANGGAU LEDO en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account