Keterampilan Guru Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Darmawan, Fernando Agung
dc.date.accessioned 2024-09-23T04:47:57Z
dc.date.available 2024-09-23T04:47:57Z
dc.date.issued 2024-07-23
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5173
dc.description.abstract FERNANDO AGUNG DARMAWAN. Penerapan Keterampilan Guru Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Darul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara guru matematika dalam melaksanakan keterampilan mengelola kelas pada saat membuka pelajaran di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024 2) Untuk memaparkan cara guru matematika dalam melaksanakan keterampilan mengelola kelas pada saat kegiatan inti di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024 3) Untuk mendeskripsikan apa saja kendala guru matematika dalam menerapkan keterampilan pengelolaan di kelas IV pada pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas saat membuka pelajaran sudah terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu dari segi pengelolaan kebersihan, pengaturan tempat duduk, kesiapan peserta didik, kesiapan peserta didik, kehadiran peserta didik, aturan yang diterapkan dan mengatur udara dikelas. 2) Pengelolaan pada saat kegiatan inti dalam hal ini hasil dari penelitian yang didapatkan guru tampak terampil dalam melakukan pengelolaan kelas pada saat kegiatan inti, yaitu meliputi dari segi memusatkan perhatian, memeriksa tugas peserta didik, membagi perhatian, memberikan petunjuk yang jelas, menegur peserta didik jika terjadi kegaduhan, memberi penguatan dan memaksimalkan pembelajaran. 3) Kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya yakni, ada pada siswa itu sendiri seperti menyakiti teman, mengejek teman dan terkadang siswa ribut ketika pelajaran akan selesai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title Keterampilan Guru Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kubu Raya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account