Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya
pemanfaatan media ajar berbasis teks multimodal yang digunakan
guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi
peserta didik terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Media ajar yang ada masih bersifat parsial dan cenderung
monoton serta tidak relevan dengan isi dan konteks Pendidikan
Agama Islam, belum maksimalnya penerapan media ajar yang
berbasis pada teks multimodal dalam menunjang pembelajaran
dalam kurikulum merdeka yang ada saat ini. Tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan bagaimana
wujud penerapan media ajar berbasis teks multimodal dalam
kegiatan pembelajaran agama Islam pada sekolah dasar negeri
wilayah Katab Kebahan. (2) Mendeskripsikan apa saja faktor yang
mendorong penerapan media ajar berbasis teks multimodal. (3)
Mendeskripsikan bagaimana dampak dari penerapan media ajar
berbasis teks multimodal terhadap pembelajaran Agama Islam.
Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan
pendekatannya adalah deskriftif kualitatif. Tekhnik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Wujud penerapan
media ajar berbasis teks multimodal yang dimanfaatkan pada
pembelajaran agama Islam seperti: media video pembelajaran,
media tape recorder, media ajar lokal, media ajar flash card, media
poster Islami, media ajar berbasis internet, media gambar kombinasi
nyanyian Islami, media audio visual, media puzzle ayat, media ajar
berbasis buku paket, media visual, media kertas origami, media alat
peraga, media film Islami, media kartu kata, media buletin Islami,
media canva, media komik Islami, media animasi Islami, media foto.
(2) Faktor yang mendorong penerapan media ajar berbasis teksxii
multimodal adalah: (a) Faktor internal: Mengantisipasi tingkat
kebosanan peserta didik, agar peserta didik mudah memahami
materi ajar, kesesuaian materi dan prasarana sekolah, memahami
konsep pembelajaran, menyesuaikan strategi ajar, mendorong
interaktif peserta didik. (b) Faktor eksternal: Perkembangan zaman,
meningkatkan proses pembelajaran, tuntutan sebagai guru yang
profesional. (3) Dampak dari penerapan media ajar berbasis teks
multimodal terhadap pembelajaran Agama Islam adalah: (a)
Dampak langsung: pembelajaran lebih menarik, belajar lebih
menyenangkan, mudah memahami materi ajar, menghilangkan rasa
ngantuk. (b) Dampak tidak langsung: Peningkatan hasil
pembelajaran pada nilai rapot, menunjang efektivitas dan efisiensi
proses belajar, terjalin komunikasi yang baik, meningkatkan
kreatifitas siswa.