Penerapan Media Ajar Berbasis Teks Multimodal Pada Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Katab Kebahan.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenudin
dc.contributor.advisor Wahab,Wahab
dc.contributor.author Boini,Boini
dc.date.accessioned 2024-09-19T07:57:57Z
dc.date.available 2024-09-19T07:57:57Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5166
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya pemanfaatan media ajar berbasis teks multimodal yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi peserta didik terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Media ajar yang ada masih bersifat parsial dan cenderung monoton serta tidak relevan dengan isi dan konteks Pendidikan Agama Islam, belum maksimalnya penerapan media ajar yang berbasis pada teks multimodal dalam menunjang pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang ada saat ini. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan bagaimana wujud penerapan media ajar berbasis teks multimodal dalam kegiatan pembelajaran agama Islam pada sekolah dasar negeri wilayah Katab Kebahan. (2) Mendeskripsikan apa saja faktor yang mendorong penerapan media ajar berbasis teks multimodal. (3) Mendeskripsikan bagaimana dampak dari penerapan media ajar berbasis teks multimodal terhadap pembelajaran Agama Islam. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatannya adalah deskriftif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Wujud penerapan media ajar berbasis teks multimodal yang dimanfaatkan pada pembelajaran agama Islam seperti: media video pembelajaran, media tape recorder, media ajar lokal, media ajar flash card, media poster Islami, media ajar berbasis internet, media gambar kombinasi nyanyian Islami, media audio visual, media puzzle ayat, media ajar berbasis buku paket, media visual, media kertas origami, media alat peraga, media film Islami, media kartu kata, media buletin Islami, media canva, media komik Islami, media animasi Islami, media foto. (2) Faktor yang mendorong penerapan media ajar berbasis teksxii multimodal adalah: (a) Faktor internal: Mengantisipasi tingkat kebosanan peserta didik, agar peserta didik mudah memahami materi ajar, kesesuaian materi dan prasarana sekolah, memahami konsep pembelajaran, menyesuaikan strategi ajar, mendorong interaktif peserta didik. (b) Faktor eksternal: Perkembangan zaman, meningkatkan proses pembelajaran, tuntutan sebagai guru yang profesional. (3) Dampak dari penerapan media ajar berbasis teks multimodal terhadap pembelajaran Agama Islam adalah: (a) Dampak langsung: pembelajaran lebih menarik, belajar lebih menyenangkan, mudah memahami materi ajar, menghilangkan rasa ngantuk. (b) Dampak tidak langsung: Peningkatan hasil pembelajaran pada nilai rapot, menunjang efektivitas dan efisiensi proses belajar, terjalin komunikasi yang baik, meningkatkan kreatifitas siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Media Ajar en_US
dc.subject Pembelajaran Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Media Ajar Berbasis Teks Multimodal Pada Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Katab Kebahan. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account