Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning Dalam Proses Pembelajaran Penyelidikan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Shabikah, Nanik
dc.contributor.author Maulita, Selvia Putri
dc.date.accessioned 2024-09-13T07:08:03Z
dc.date.available 2024-09-13T07:08:03Z
dc.date.issued 2024-07-24
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5135
dc.description.abstract SELVIA PUTRI MAULITA, Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas kontrol VB tanpa menggunakan model inquiry learning materi perubahan wujud benda di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen VA yang menggunakan model inquiry learning materi perubahan wujud benda di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 3) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh setelah menerapkan model pembelajaran inquiry learning materi perubahan wujud benda kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain penelitian pretest-posttest with control group design. Lokasi penelitian berada di MIN 2 Kubu Raya. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA yang menjadi kelas eksperimen dan kelas VB yang menjadi kelas kontrol. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Prestasi belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas kontrol yang tidak menggunakan model inquiry learning kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024 dapat diketahui nilai rata-rata pre-test kelas kontrol = 61 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol = 75. 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry learning kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024 dapat diketahui nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen =59 dan nilai rata-rata post-test eksperimen = 84. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model inquiry learning terhadap prestasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran pada materi perubahan wujud benda kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024, hal ini ditunjukkan oleh data hasil uji sobel dengan nilai (Z) P-Value sebesar 0,040 yang berarti <0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Inquiry Learning en_US
dc.subject Perubahan Wujud Benda en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning Dalam Proses Pembelajaran Penyelidikan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account