dc.description.abstract |
SELVIA PUTRI MAULITA, Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini untuk memaparkan: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas kontrol VB tanpa menggunakan model inquiry learning materi perubahan wujud benda di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen VA yang menggunakan model inquiry learning materi perubahan wujud benda di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 3) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh setelah menerapkan model pembelajaran inquiry learning materi perubahan wujud benda kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain penelitian pretest-posttest with control group design. Lokasi penelitian berada di MIN 2 Kubu Raya. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA yang menjadi kelas eksperimen dan kelas VB yang menjadi kelas kontrol. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Prestasi belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas kontrol yang tidak menggunakan model inquiry learning kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024 dapat diketahui nilai rata-rata pre-test kelas kontrol = 61 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol = 75. 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry learning kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024 dapat diketahui nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen =59 dan nilai rata-rata post-test eksperimen = 84. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model inquiry learning terhadap prestasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran pada materi perubahan wujud benda kelas V di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024, hal ini ditunjukkan oleh data hasil uji sobel dengan nilai (Z) P-Value sebesar 0,040 yang berarti <0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. |
en_US |