Abstract:
Dimas Anggit Rindan Maulana, “Dampak Media Tik Tok
Terhadap Prilaku Anak Kelas V SDIT Haruniyah Pontianak”. Prodi
Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini mengkaji dampak dan pengaruh media TikTok
terhadap perilaku anak kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak, Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konten yang dikonsumsi anak,
pengaruh TikTok terhadap perilaku mereka, serta dampak yang
ditimbulkan, sebagai panduan bagi orang tua dalam pengawasan
penggunaan media sosial anak.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode
kualitatif deskriptif Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen.
terhadap anak kelas V SDIT Haruniyah Pontianak.
Hasil penelitian menunjukkan anak-anak mengonsumsi berbagai
jenis konten TikTok seperti hiburan, tutorial, dance, eksperimen, dan video
balap liar, serta aktif membuat konten sendiri. Pengaruh TikTok bervariasi
tergantung pada penggunaan dan jenis konten yang dikonsumsi, berdampak
pada pembelajaran, ekspresi diri, dan interaksi sosial. Dampak positif
termasuk peningkatan kreativitas, hiburan, dan eksistensi sosial, sementara
dampak negatif mencakup kecanduan, gangguan waktu belajar, dan perilaku
meniru yang tidak pantas.