Abstract:
ZAMAHSYARY ASHFIYA, (2024), Pesan Dakwah dalam Video Blog di
Channel YouTube Hobby Makan. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran
Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis
pesan dakwah yang disampaikan dalam video blog di channel YouTube
Hobby Makan serta metode dakwah yang digunakan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland
Barthes untuk menggali makna di balik pesan-pesan yang disampaikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
memperoleh data melalui dokumentasi video blog di channel youtube Hobby
Makan, guna memperoleh dan menggali data secara jelas sesuai dengan objek
penelitian
Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukkan bahwa channel
YouTube Hobby Makan menyampaikan berbagai pesan dakwah, yang
meliputi pesan akidah, syariah, dan akhlak. Pesan akidah mencakup iman
kepada Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rasul,
iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada’ dan qadar. Pesan syariah
meliputi sholat, ibadah umroh, dan menunaikan nazar, sementara pesan
akhlak menekankan pada sedekah, sopan santun, menyenangkan orang lain,
mendo’akan kebaikan dan bersyukur. Metode dakwah yang digunakan oleh
Hobby Makan terdiri dari dakwah bil hal dan dakwah bil kitabah. Dakwah
bil hal diwujudkan melalui tindakan nyata seperti memberikan sedekah
kepada pedagang kecil. Dakwah bil kitabah diwujudkan dengan menyertakan
kutipan ayat Al-Quran, hadist, dan pesan moral di akhir video. Kombinasi
kedua metode ini memungkinkan channel tersebut tidak hanya menginspirasi
penonton melalui tindakan, tetapi juga memperkuat pesan Islami secara
tertulis, sehingga menciptakan dampak yang lebih luas dan mendalam.