Pesan Dakwah dalam Video Blog di Channel Youtube Hobby Makan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.advisor Sari, Pilga Ayong
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.advisor Supiandi, Haris
dc.contributor.author Ashfiya, Zamahsyary
dc.date.accessioned 2024-09-09T02:45:27Z
dc.date.available 2024-09-09T02:45:27Z
dc.date.issued 2024-09-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5094
dc.description.abstract ZAMAHSYARY ASHFIYA, (2024), Pesan Dakwah dalam Video Blog di Channel YouTube Hobby Makan. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pesan dakwah yang disampaikan dalam video blog di channel YouTube Hobby Makan serta metode dakwah yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes untuk menggali makna di balik pesan-pesan yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memperoleh data melalui dokumentasi video blog di channel youtube Hobby Makan, guna memperoleh dan menggali data secara jelas sesuai dengan objek penelitian Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukkan bahwa channel YouTube Hobby Makan menyampaikan berbagai pesan dakwah, yang meliputi pesan akidah, syariah, dan akhlak. Pesan akidah mencakup iman kepada Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada’ dan qadar. Pesan syariah meliputi sholat, ibadah umroh, dan menunaikan nazar, sementara pesan akhlak menekankan pada sedekah, sopan santun, menyenangkan orang lain, mendo’akan kebaikan dan bersyukur. Metode dakwah yang digunakan oleh Hobby Makan terdiri dari dakwah bil hal dan dakwah bil kitabah. Dakwah bil hal diwujudkan melalui tindakan nyata seperti memberikan sedekah kepada pedagang kecil. Dakwah bil kitabah diwujudkan dengan menyertakan kutipan ayat Al-Quran, hadist, dan pesan moral di akhir video. Kombinasi kedua metode ini memungkinkan channel tersebut tidak hanya menginspirasi penonton melalui tindakan, tetapi juga memperkuat pesan Islami secara tertulis, sehingga menciptakan dampak yang lebih luas dan mendalam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pesan dakwah en_US
dc.subject Youtube en_US
dc.subject Analisis semiotika en_US
dc.title Pesan Dakwah dalam Video Blog di Channel Youtube Hobby Makan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account