Abstract:
Nur Azizah Oktavia Ningsih. 11711051. Pengaruh Pembelajaran
Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama islam di Kelas VII SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun
Pelajaran 2020-2021. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Pembelajaran
Daring di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2020-2021.
2) Hasil Belajar Siswa Kelas VII dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2020-2021.
3) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMPN 02 Mukok Kabupaten
Sanggau Tahun pelajaran 2020-2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitati. Adapun metode
penelitian ini adalah Expost Facto. Adapun jenis hubungan yang diteliti
adalah hubungan searah atau directional (studi pengaruh). Dalam penelitian
yang mempelajari pengaruh maka terdapat dua variabel yaitu variabel bebas
(X) untuk Pembelajaran Daring dan variabel terikat (Y) untuk Hasil Belajar
siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 30 siswa yang beragama islam dan
mendapatkan sampelnya sebanyak 30 siswa kelas VII. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan adalah di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah berikut: 1) Komunikasi tidak
langsung berupa alatnya angket tertutup, 2) Tes, tes yang digunakan adalah
tes tertulis soal pilihan ganda, tes memahami 9 nama asmaul husna, 3) Studi
dokumen dengan alat berupa kamera HP. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini sebagai berikut: 1) Analisis deskripti, 2) Analisis Inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1)
Pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII
di SMPN 02 Mukok bernilai dengan rata-rata 97,13 dikategorikan dengan
sangat baik, 2) Hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 02 Mukok bernilai
dengan rata-rata dari persentase 98% dikategorikan sangat baik, 3) Dari hasil
analisis uji t didapatkan nilai 7,891 yang > dari nilai table t yaitu 2,04 dengan
demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran daring
terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 02 Mukok Kabupaten
Sanggau.