PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMPN 02 MUKOK KABUPATEN SANGGAU TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author NINGSIH, NUR AZIZAH OKTAVIA
dc.date.accessioned 2024-09-04T05:19:06Z
dc.date.available 2024-09-04T05:19:06Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5082
dc.description.abstract Nur Azizah Oktavia Ningsih. 11711051. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama islam di Kelas VII SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2020-2021. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Pembelajaran Daring di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2020-2021. 2) Hasil Belajar Siswa Kelas VII dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2020-2021. 3) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau Tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitati. Adapun metode penelitian ini adalah Expost Facto. Adapun jenis hubungan yang diteliti adalah hubungan searah atau directional (studi pengaruh). Dalam penelitian yang mempelajari pengaruh maka terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) untuk Pembelajaran Daring dan variabel terikat (Y) untuk Hasil Belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 30 siswa yang beragama islam dan mendapatkan sampelnya sebanyak 30 siswa kelas VII. Lokasi penelitian ini dilaksanakan adalah di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berikut: 1) Komunikasi tidak langsung berupa alatnya angket tertutup, 2) Tes, tes yang digunakan adalah tes tertulis soal pilihan ganda, tes memahami 9 nama asmaul husna, 3) Studi dokumen dengan alat berupa kamera HP. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Analisis deskripti, 2) Analisis Inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 02 Mukok bernilai dengan rata-rata 97,13 dikategorikan dengan sangat baik, 2) Hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 02 Mukok bernilai dengan rata-rata dari persentase 98% dikategorikan sangat baik, 3) Dari hasil analisis uji t didapatkan nilai 7,891 yang > dari nilai table t yaitu 2,04 dengan demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 02 Mukok Kabupaten Sanggau. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMPN 02 MUKOK KABUPATEN SANGGAU TAHUN PELAJARAN 2020-2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account