Abstract:
Revi Yanti, 2024. Realisasi Pengembangan Materi Ajar Berbasis
Karakter Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024.
Skipsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Pontianak.
Latar belakang realisasi pengembangan materi ajar berbasis karakter
pada siswa kelas XI MAN 1 Pontianak. Belum ada buku ajar berbasis karakter.
Pengembangan materi ajar ini menjelaskan tentang berbasis karakter siswa
yang mana mempermudah siswa dalam pembelajaran. Dan memberikan buku
buku ajar yang baru lagi bagi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa
pengembangan materi ajar berbasis karakter siswa sangat diperlukan.
Penelitian ini berfokus pada pengembngan materi ajar berbasis karakter
siswa MAN 1 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1)
Langkah-langkah pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa 2)
Pendekatan dalam pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa 3)
Faktor penghambat pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi menggunakan teknik dan
sumber, dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi pengembangan materi
ajar berbasis karakter siswa kelas XI berjalan dengan baik. Dapat simpulkan
bahwa:1) Langkah-langkah pengembangan materi ajar berbasis karakter pada
siswa seperti analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian
kompetensi,2) Pendekatan dalam pengembangan materi ajar berbasis karakter
pada siswa jenis- jenis materi pembelajaran berupa fakta segala hal yang
terwujud kenyataan dan kebenaran. Konsep yaitu segala sesuatu yang terwujud
yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran meliputi definisi, pengertian,
hakikat,inti atau isi. Prinsip yaitu berupa hal utama, pokok meliputi detail,
rumus serta berkaitan dengan konsep yang menggambarkan implikasi sebab
akibat. Prosedur merupakan langkah sistematis atau berurutan dalam
mengerjakan sussuatu aktivitas dan kronologis suatu sistem.Sikap atau nilai
merupakan hasil belajar aspek sikap misalnya: nilai kejujuran, kasih sayang,
tolong menolong,3)Faktor penghambat pengembangan materi ajar berbasis
karakter siswa antara lain faktor internal dan faktor eksternal.