REALISASI PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PONTIANAK TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author YANTI, REVI
dc.date.accessioned 2024-09-04T05:16:46Z
dc.date.available 2024-09-04T05:16:46Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5081
dc.description.abstract Revi Yanti, 2024. Realisasi Pengembangan Materi Ajar Berbasis Karakter Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Skipsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Latar belakang realisasi pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Pontianak. Belum ada buku ajar berbasis karakter. Pengembangan materi ajar ini menjelaskan tentang berbasis karakter siswa yang mana mempermudah siswa dalam pembelajaran. Dan memberikan buku buku ajar yang baru lagi bagi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan materi ajar berbasis karakter siswa sangat diperlukan. Penelitian ini berfokus pada pengembngan materi ajar berbasis karakter siswa MAN 1 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Langkah-langkah pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa 2) Pendekatan dalam pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa 3) Faktor penghambat pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi menggunakan teknik dan sumber, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi pengembangan materi ajar berbasis karakter siswa kelas XI berjalan dengan baik. Dapat simpulkan bahwa:1) Langkah-langkah pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa seperti analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi,2) Pendekatan dalam pengembangan materi ajar berbasis karakter pada siswa jenis- jenis materi pembelajaran berupa fakta segala hal yang terwujud kenyataan dan kebenaran. Konsep yaitu segala sesuatu yang terwujud yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran meliputi definisi, pengertian, hakikat,inti atau isi. Prinsip yaitu berupa hal utama, pokok meliputi detail, rumus serta berkaitan dengan konsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat. Prosedur merupakan langkah sistematis atau berurutan dalam mengerjakan sussuatu aktivitas dan kronologis suatu sistem.Sikap atau nilai merupakan hasil belajar aspek sikap misalnya: nilai kejujuran, kasih sayang, tolong menolong,3)Faktor penghambat pengembangan materi ajar berbasis karakter siswa antara lain faktor internal dan faktor eksternal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Realisasi pengembangan materi ajar berbasis karakter siswa en_US
dc.title REALISASI PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PONTIANAK TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account