Abstract:
SEVTHY PRATAMA JULIAWATI, NIM (11915025). Analisis
Pangsa Pasar Minimarket Mitra Buana Dalam Meningkatkan Omset Usaha
Di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk Mengetahui
Strategi Pemasaran Minimarket Mitra Buana Dalam Meningkatkan
Penjualan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode
kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Data Primer dan
Data Sekunder. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan reduksi
data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi kemudian teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa; Strategi pemasaran yang dilakukan oleh
Minimarket Mitra Buana Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan, Faktorfaktor
yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pangsa pasar seperti
memperkenalkan produk dan layanan baru merupakan langkah yang penting dalam
menarik minat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Strategi untuk
memperluas pemasaran bisa memanfaatkan platform digital seperti Facebook,
WhatsApp, Instagram sebagai alat untuk memperluas pemasaran. Penggunaan
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok merupakan strategi
yang efektif dalam mempromosikan produk kepada pelanggan. Dengan
memperhatikan berbagai strategi promosi yang efektif, bisnis dapat meningkatkan
visibilitas merek, menarik pelanggan potensial, dan meningkatkan penjualan secara
keseluruhan.