Abstract:
Naya Atiqa Salsabilla (12004074) “Pembatalan Pemesanan di PT Go-Jek
Dalam Perspektif KHES.” Fakultas Syariah. Program Studi Hukum Ekonomi
Syariah (Muamalah). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) faktor-faktor yang
menyebabkan pembatalan pesanan antara Driver dan konsumen pada aplikasi Go-
Jek. 2) untuk mengetahui pandangan KHES pada Pembatalan pesanan antara
Driver dan konsumen pada aplikasi Go-Jek.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (field research) dan pendekatan normatif sosiologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara
kepada narasumber dan dokumentasi. Analisis data peneliti melakukan reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data tersebut diperiksa
kebabshannya dengan melakukan tringulasi sumber.
Argumentasi penelitian ini bahwa implementasi pembatalan pesanan baik
yang dilakukan oleh konsumen maupun Driver adalah dipengaruhi oleh kesadaran
hukum yang paragmatis, namun mengakomodir keinginan para pihak. Penelitian
ini memberikan pemahaman tentang beberapa faktor yang menyebabkan
terjadinya pembatalan pesanan antara Driver dan konsumen pada aplikasi Go-Jek
meliputi: 1. Dari sudut konsumen: lama waktu penjemputan karena cuaca atau
masalah kendaraan, identitas Driver tidak sesuai dengan aplikasi, nomor
kendaraan tidak sesuai dengan akun Driver. 2. Dari sudut Driver: pesanan terlalu
jauh di atas 4 km sehingga biaya bensin tinggi, ada masalah pada kendaraan.
Menurut KHES, hubungan antara konsumen dan Driver Gojek dapat dilihat
sebagai akad Ijarah. Namun KHES melarang pembatalan sepihak kecuali ada
alasan yang dibenarkan secara syariah.